CEMBURU #3 Mengatasi rasa cemburu kakak beradik

Cemburu dalam hubungan keluarga dapat muncul karena adanya perasaan bahwa ia tidak cukup baik keadaannya daripada saudaranya, tidak cukup dikasihi oleh orang lain dalam hal ini orang tuannya atau keluarga besarnya, atau merasa tidak yakin diterima atau disayangi oleh mereka. Rasa cemburu yang tidak terselesaikan pada waktu kecil akan berdampak sampai dewasa. Dampak dari rasa cemburu ini tidak hanya tertuju kepada kakak atau adiknya tetapi juga kelak ketika dewasa dapat meluas kepada keluarga besar dan masyarakat.

Cemburu adalah perasaan negatif ketika kita menghadapi kemungkinan kehilangan sesuatu yang kita rasa adalah milik kita karena diambil oleh orang lain. Perasaan ini biasanya melibatkan 3 orang yakni anda, orang yang kita inginkan dan seorang lagi yang berpeluang untuk menggagalkan niatan anda. Cemburu membuat seseorang menaruh curiga dan prasangka buruk, bukan hanya kepada orang yang dicemburui tetapi juga ada pihak lain yang berperan disitu. Cemburu menjadi suatu emosi yang sangat merusak dalam kehidupan seseorang. Cemburu adalah tipe dosa yang tercatat di Yesaya 14:14 Aku hendak naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak menyamai Yang Mahatinggi!
Cemburu tidak saja merusak relasi tetapi juga menghancurkan persaudaraan dalam keluarga.

Cemburu dapat terjadi juga karena perasaan iri terhadap keadaan dan kemampuan saudaranya. Adik dapat cemburu kepada kakak karena kakaknya merasa lebih berbakat, lebih baik keadaan, lebih tampan bagi pria/lebih cantik bagi wanita begitu juga sebaliknya. Cemburu menimbulkan perasaan tidak senang atau perasaaan benci dan memusuhi.

Ada suatu kecenderungan bahwa cemburu bersifat pribadi dimana targetnya adalah seseorang yang dianggap sebagai saingan atau ancaman. Yakub targetnya Esau, anak-anak Yakub targetnya Yusuf. Berbahayanya cemburu sering menyebabkan kekerasan secara fisik, emosi juga verbal seperti memaki, memfitnah, mengkritik maupun secara fisik. Contoh kasus keluarga Ishak-Ribka (Kej. 25-27), mereka memiliki anak kembar Yakub dan Esau. Dan dalam pertumbuhan kedua anak itu muncul kecemburuan diantara mereka berdua. Yakub cemburu karena ayahnya lebih dekat dengan kakaknya, menurut Yakub, Esau lebih dikasihi dan lebih disayang. Yakub juga cemburu karena keadaan Esau lebih baik karena ia yang akan menerima hak kesulungannya.

Penyebab cemburu dalam keluarga

Adanya latar belakang atau warisan/teladan, diajarkan dari keluarga, Kecemburuan yang tidak terselesaikan menular dan berdampak kepada generasi berikutnya. Cemburu Yakub kepada Esau turun kepada anak-anaknya dimana anak-anaknya mencemburu terhadap saudaranya sendiri yaitu Yusuf. Cemburunya Yakub tidak berhenti disitu tetapi turun kepada anak-anaknya. Dalam hal ini seorang ayah yang cemburu melahirkan anak-anak yang cemburu.

Pengalaman yang melukai, Yakub cemburu karena pengalaman ayahnya yang pilih kasih, saudara-saudara Yusuf cemburu karena ayahnya yang pilih kasih, Kain cemburu dengan Habel karena menurutnya Allah juga pilih kasih.

Perasaan bahwa ada hak yang dilanggar. Cemburu biasanya melibatkan perasaan memiliki, dan orang yang merasa haknya dilanggar atau tidak diberikan sering merasa cemburu kepada orang-orang yang dianggap merebut hak atau mendapatkan hak tersebut. Misalnya seorang kakak yang merasa tidak dihargai, dan merasa cemburu karena melihat adiknya lebih dihargai dari dirinya.

Munculnya rasa cemburu dalam hubungan kakak dengan adik

Orang tua yang pilih kasih; orang tua perlu menekankan pentingnya keseimbangan dalam mengasihi anaknya, karena banyak celah bagi orang tua untuk berlaku tidak seimbang. Misalnya orang tua lebih mengasihi karena yang laki-laki daripada anak perempuan, mengasihi yang lebih pinter, lebih rajin, lebih taat, dll. Pada dasarnya setiap anak memiliki perbedaan, kelebihan dan keunikan tetapi hal itu tidak mengubah orang tua untuk tetap mengasihi secara seimbang.

Ada unsur pembanding dalam kehidupan seorang anak; ada orang tua yang memberikan sesuatu secara sembunyi-sembuyi supaya tidak diketahui anaknya yang lain. Dan ketika anak itu tahu maka ia akan cemburu.

Memberi kesempatan yang sama tanpa melihat fungsi dan kemampuan penerima; ada orang tua yang memberikan kepada anak-anaknya sama dan merata tanpa mempertimbangkan fungsi untuk si anak dan kemampuan anak.

Dampak – Reaksi Cemburu dalam keluarga

Cemburu terhadap saudaranya dapat menjadi seperti sebuah pedang bermata dua, melukai saudaranya dan merugikan diri sendiri.

  • Putusnya tali persaudaraan
  • Curiga, kakak adik yang cemburu cenderung selalu menaruh curiga apa yang dilakukan atau apa yang diterima dari orang tuanya.
  • Kemarahan yang cenderung menyerang, Genesis 27:41 Esau menaruh dendam kepada Yakub, Genesis 37:18
    Dari jauh ia telah kelihatan kepada mereka. Tetapi sebelum ia dekat pada mereka, mereka telah bermufakat mencari daya upaya untuk membunuhnya.
  • Berpikir Negatif atau berbohong, Genesis 37:20 Sekarang, marilah kita bunuh dia dan kita lemparkan ke dalam salah satu sumur ini, lalu kita katakan: seekor binatang buas telah menerkamnya. Dan kita akan lihat nanti, bagaimana jadinya mimpinya itu!” .
  • Egois, kakak beradik yang cemburu cenderung menjadi egois dan tidak memikirkan saudaranya

    Firman Tuhan tentang cemburu

  • 1 Corinthians 13:4 Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
  • 1 Corinthians 13:7 Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
  • Proverbs 6:34 Karena cemburu adalah geram seorang laki-laki, ia tidak kenal belas kasihan pada hari pembalasan dendam;
  • Proverbs 27:4 Panas hati kejam dan murka melanda, tetapi siapa dapat tahan terhadap cemburu?

Prinsip-prinsip mengatasi Cemburu dalam persaudaraan

Sadarilah kecemburuan Anda dengan saudara Anda; Kita perlu menyadari ada perasaan cemburu dan menyadari apa yang menyebabkan rasa cemburu itu.

Berdoa mengakui di Hadapan Tuhan untuk setiap perasaan-perasaan yang dialami yang berhubungan dengan kecurigaan-kecurigaan apabila hal itu mengarah kepada rasa cemburu.

Saat Anda sedang cemburu, Tunjukkan dengan sikap dewasa, Anda biasanya akan terlihat kekanak-kanakan. Wajar, karena perasaan semacam ini selalu identik dengan anak kecil. Maka, jika ingin menunjukan rasa cemburu ini, tunjukkan dengan cara yang dewasa. Berbicara bersama, meminta waktu untuk bisa menyampaikan perasaan-perasaannya.

  1. Bangun rasa percaya diri

Cemburu biasa adalah hasil dari ketidak percayaan akan kemampuan kita sendiri. Terkadang itu adalah rasa terpendam jauh di lubuk hati bahwa seseorang akan meninggalkan anda, atau menarik cinta dan perhatian mereka, karena anda “tak cukup baik’. Orang yang percaya diri selalu tahu bahwa meski saat mereka ditolak, bukan selalu karena mereka gagal karena kadang-kadang orang mempunyai pemikiran yang pendek. Dan meskipun mereka gagal, tak sedikitpun mengurangi rasa percaya diri mereka. Kegagalan dengan tegas menunjuk bahwa kita harus mempelajari hal yang baru.

  • Berhenti bandingkan diri anda dengan orang lain

Terkadang kita merasa orang lain seperti mendapatkan semua yang dia butuhkan dalam hidupnya. Namun jika harus berkata jujur, apakah ada orang yang tak mempunyai masalah dalam hidupnya? Mereka terkadang mempunyai hidup yang terlihat nyaman. Namun apakah hal tersebut menjamin orang tersebut bahagia? Cobalah berteman dengan orang yang anda anggap sempurna tersebut, dan anda akan menemukan bahwa di balik kesempurnaannya masih ditemui banyak kefanaan.

  • Berhentilah merasa mempunyai hak atas kehidupan orang lain

Anda merasa cemburu jika orang yang anda sayangi lebih sering berhubungan dengan orang lain dibandingkan dengan anda. Kalau begitu anda harus mempertimbangkan: “Berapa banyak waktu dalam hidupnya yang benar-benar aku perlukan?” Bisa dimengerti bahwa anda membutuhkan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang yang anda sayangi. Jika mereka sama sekali tak pernah menghabiskan waktu dengan anda, ketakutan anda mungkin benar. Namun jika mereka masih menyisihkan waktu untuk anda, dan anda masih tak terima melihat orang tersebut berinteraksi dengan orang lain, maka itu tak sehat. Cari aktivitas lain, kenalan baru. Isi waktu anda.

  • Percaya

Jika anda mencemburui seseorang, bisa berarti bahwa kepercayaan anda sudah runtuh. Kemungkinan lain, kepercayaan anda sudah pernah runtuh pada masa lalu, dan anda takut hal yang sama akan terulang pada waktu sekarang. Pertanyaan yang patut anda layangkan adalah apakah orang tersebut pernah mengingkari anda di masa lalu? Jika tidak, beri dia penghargaan, dan jangan perlakukan dia seperti penjahat. Jika orang tersebut pernah mengingkari anda, maka inilah waktunya untuk memaafkan, atau kalau tidak rasa cemburu siap untuk menggerogoti hubungan anda.

Bangun rasa percaya diri   Cemburu biasa adalah hasil dari ketidak percayaan akan kemampuan kita sendiri. Berhenti membandingkan diri anda dengan saudara Anda.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s