CEMBURU #2 Mengatasi rasa cemburu pada suami

Ada seorang suami yang melukai istrinya karena cemburu, ada suami yang menelantarkan keluarga dan bertengkar dengan istrinya karena cemburu, ada istri dilarang bekerja atau pelayanan karena suami cemburu. Sering kali dengan alasan cemburu menjadi suatu cara seorang suami untuk memproteksi istrinya.  Bayangkan, jika akibat kecemburuan itu istri tidak boleh melakukan ini dan itu. Jika ada ayam mati di lumbung padi, bisa-bisa istri pun mati di lumbung cintanya suami. Kenapa ada suami menjadi cemburu?

Apa itu Cemburu?

1 Corinthians 13:4  Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

Ketika seseorang mengasihi maka ia akan mengekpresikan itu dalam kesabaran, dalam kemurahan hati, dan kasih itu tidak ada cemburu.

Cemburu adalah suatu perasaan terancam atau perasaan takut akan kehilangan seseorang yang dikasihi karena kehadiran orang lain. Seorang suami bukan saja takut kehilangan orang yang dikasihi, namun ada perasaan takut karena ada orang lain.

Cemburu juga dapat terjadi akibat kurang percaya kepada istrinya, sehingga muncul curiga baik curiga kepada istrinya atau kepada orang lain. Dalam hal ini cemburu dapat terjadi ketika seorang suami tidak lagi dapat mempercayai istrinya , dan seringkali diikuti dengan ingin mengendalikan istrinya.Cemburu menurut François de La Rochefoucauld adalah “In jealousy there is more self-love than love” cemburu adalah buah cinta tetapi cinta kepada diri sendiri.

Jadi dari ayat tersebut seorang suami yang cemburu maka ia tidak lagi mengasihi istrinya tetapi lebih mengasihi dirinya sendiri. Seorang suami yang cemburu menjadi tidak sabar sehingga ketika cemburu dapat melakukan hal-hal diluar kesabaran. Seorang suami yang cemburu tidak lagi murah hati sehingga sering melarang istrinya, memproteksi dan juga mengendalikan. Seorang suami yang cemburu ia sedang tidak mempercayai istrinya.

Akar penyebab suami cemburu?

Dalam kehidupan seseorang cemburu merupakan sebuah reaksi dari beberapa akar masalah. Sering kali suami cemburu terjadi karena ada pengalaman-pengalaman yang melukai maupun ada konsekwensi dari orang tuanya. Beberapa akar atau penyebab kecemburuan:

  • Adanya latar belakang atau warisan/teladan, diajarkan dari keluarga, misalnya seorang ayah yang pencemburu melahirkan anak-anak yang pencemburu. Orang tua yang pengendali akan melahirkan anak-anak yang pengendali. Seorang anak yang melihat ibunya meninggalkan keluarga dan ayahnya merasa dikianati.
  • Pengalaman yang melukai, Pengalaman kegagalan, ditinggalkan, dikianati pada waktu pacaran membuat suami menjadi protektif terhadap istrinya.

Mengapa Suami mudah Cemburu?

Mempercayai orang lain itu proses seumur hidup, tetapi apabila ada banyak pengalaman yang merusak ketika seseorang menaruhkan kepercayaan kepada orang lain, maka dapat difahami bahwa orang tersebut perlu berjuang lebih keras untuk mempercayainya. Cinta membutuhkan pengertian dan pengorbanan.

Melihat istrinya lebih mapan secara prestasi, pekerjaan, keuangan, gaya hidup membuat suami mudah tergoda untuk cemburu.

Pribadi yang inferior, Seseorang dapat memiliki perasaan cemburu karena merasa ada ketidak percayaan akan kemampuannya. Terkadang itu adalah rasa terpendam jauh di lubuk hati bahwa istrinya akan meninggalkan dengan alasan karena anda “tak cukup baik’.

Suami-istri yang hidup terpisah; 1 Corinthians 7:5  Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak. Nasehat Paulus kepada pasangan suami istri yang karena alasan tuntutan tertentu harus hidup terpisah.

Suami yang peminum atau pengguna narkoba: zat racun ini memang sumber masalah dan berefek samping yang membuat penggunanya menjadi paranoid.

Tak terbiasa dengan istri yang gaul: istri tipe orang sosial yang punya banyak teman dan senang bergaul. Jika hal ini begitu asing, suaminya cenderung menjadi orang yang selalu curiga dan tak mudah percaya.

  • Istrinya sering menceritakan masa lalunya: hubungan masa lalu pasangan membuat Anda menggila, apalagi jika sudah bicara mengenai romantisme.

REAKSI-REAKSI ORANG CEMBURU

  • Mengendalikan, suami yang cemburu cenderung mengendalikan istrinya. Harus segera pulang, istrinya harus berpakaian seperti yang diinginkan suaminya, tidak boleh lakukan ini-itu, semua kegiatan istri atas pengawasan suami.
  • Posesif, Orang yang cemburu cenderung memperhatikan pasangan secara berlebihan dan ada kecenderungan posesif, “Mama lagi dimana”? “Mama lagi apa”? “Mama dengan siapa?”
  • Curiga, Suami yang cemburu cenderung selalu menaruh curiga apa yang dilakukan istrinya. Misalnya terlambat pulang, berpenampilan agak beda, atau hal-hal yang dianggap sedikit aneh langsung curiga. Perkataan orang yang cemburu sering menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan bernada curiga dan menyelidiki.
  • Menyerang, Suami yang cemburu cenderung menyerang istrinya maupun orang yang dicurigai.
  • Meledak-ledak, Ada kecenderungan orang yang cemburu emosinya meledak-ledak atau ekstrim yang lain cenderung memendam perasaannya
  • Berpikir Negatif, Seorang suami yang cemburu cenderung berbicara dari sudut negatif
  • Egois, suami yang cemburu hanya berpikir untuk kepentingannya sendiri, tanpa memperhatikan istrinya

Bahaya Cemburu dalam Rumah Tangga

  • Cemburu itu merusak relasi; Suami yang cemburu cenderung mencurigai dan berprasangka tidak baik kepada istrinya, maka ketika ada perasaan-perasaan negatif hal itu dapat merusak sebuah hubungan dengan pasangannya.
  • Cemburu melukai istrinya dan diri sendiri, ada orang yang langsung menuduh ketika mengungkapkan perasaan-perasaan cemburunya dan sering kali hal itu melukai pasangannya. Seseorang yang cemburu akan menguras energi dan sering kali merusak dirinya, ada orang yang menumpahkan ke hal-hal yang negatif, misalnya narkoba, hubungan yang tidak kudus dengan orang lain, dll.
  • Bertindak destruktif/menghancurkan. Suami yang cemburu tidak menggunakan akal sehat dan menuruti emosinya sendiri, apalagi kalau cemburu ini ada bumbu-bumbu dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang tujuannya untuk merusak perkawinan.
  • Merasa diri yang paling benar dibanding dengan orang lain. Ketika seseorang cemburu kecenderungannya maka pasangan kita yang salah atau ada orang lain yang terlibat, dan hal itu menunjukkan bahwa orang lain yang salah dan dirinya sendiri yang benar.

Apa Kata Firman Tuhan tentang Cemburu

  • 1 Corinthians 13:4  Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
  • 1 Corinthians 13:7  Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
  • Kecemburuan perlu dibuktikan (Bil. 5:14-15a). 14 dan apabila kemudian roh cemburu menguasai suami itu, sehingga ia menjadi cemburu terhadap isterinya, dan perempuan itu memang telah mencemarkan dirinya, atau apabila roh cemburu menguasai suami itu, sehingga ia menjadi cemburu terhadap isterinya, walaupun perempuan itu tidak mencemarkan dirinya, maka haruslah orang itu membawa isterinya kepada imam.
  • Proverbs 6:34  Karena cemburu adalah geram seorang laki-laki, ia tidak kenal belas kasihan pada hari pembalasan dendam;
  • Cemburu dapat menghancurkan, Proverbs 27:4  Panas hati kejam dan murka melanda, tetapi siapa dapat tahan terhadap cemburu?

Prinsip-prinsip mengatasi Cemburu

  • Sadarilah kecemburuan Anda; Kita perlu menyadari apabila ada perasaan cemburu itu.  Perlu menyadari yang menyebabkan rasa cemburu itu. Cemburu itu sehat ketika ada yang tidak pas terjadi dalam hubungan pacaran. Dan kita perlu membangun batas-batas yang sehat pada waktu kita pacaran.
  • Berdoa mengakui di Hadapan Tuhan untuk setiap perasaan-perasaan yang dialami yang berhubungan dengan kecurigaan-kecurigaan apabila hal itu mengarah kepada rasa cemburu.
  • Saat Anda sedang cemburu, Tunjukkan dengan sikap dewasa, Anda biasanya akan terlihat kekanak-kanakan. Wajar, karena perasaan semacam ini selalu identik dengan anak kecil. Maka, jika ingin menunjukan rasa cemburu ini, tunjukkan dengan cara yang dewasa.  Berbicara bersama, meminta waktu untuk bisa menyampaikan perasaan-perasaannya.
  • Hadapi ketakutan, Suami perlu bergaul juga bersama teman-teman pasangan, terutama lawan jenis. Dengan berbaur bersama teman pasangan, Anda mulai bisa menerima dan belajar berpikir lebih rasional.
  • Ungkapkan perasaan cemburu Anda. Jangan berasumsi, sampaikan kepada istri hal-hal yang membuat cemburu dari setiap aktivitas istrinya. Misalnya, jika pasangan mengatakan akan pulang terlambat karena lembur, cobalah tanyakan berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk menyelesaikan pekerjaan. Jangan sekadar menuduh atau berasumsi dengan pikiran-pikiran Anda.
  1. Kesimpulan

1 Corinthians 13:7  Ia (Kasih) menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih belajar melihat apa yang terbaik dalam diri sang pasangannya, sehingga hal itu akan membuat kita berhenti berprasangka buruk. Jika kita memiliki kasih yang dapat mempercayai, kecemburuan akan lenyap. Ada pepatah : Kasih tak menjadi lebih kuat karena cemburu; kasih diperkuat oleh sikap lebih percaya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s