KECEMASAN-3

Kecemasan menurut Ahli Konseling

Norman Wright (Wright, 1998:10) kekhawatiran dan kecemasan menunjukkan adanya kekalutan dalam diri seseorang yang dialami dalam siatuasi yang penuh ketakutan dan stress. Lanjutnya, kecemasan dalam bahasa Yunani  digambarkan sebagai kekuatan berlawanan yang bekerja untuk membuat manusia menderita.

Tidak semua kecemasan itu buruk, kadang-kadang kecemasan memiliki segi positif dan baik. Menurut Quentin Hyder (dalam Wright, 1998:11) :

“sedikit (kecemasan) dalam jumlah yang normal dapat menambah penampilan. Para atlet tidak mampu berlaga dengan baik dan sukses tanpa adanya sedikit kecemasan. Pengusaha melakukan kompetisi lebih baik dengan adanya rangsangan kecemasan itu. Sedikit kecemasan secara pasti memperkuat konsentrasi dan mendorong keluarnya imajinasi, juga menghasilkan lebih banyak ide kreatif. Kecemasan menstimulasi minat dan membangun ambisi. Kecemasan melindungi dari bahaya”

 

            Frank Minirth seorang Psikolog Kristen (Minirth, 2005:65) mengatakan bahwa, kecemasan pada wanita adalah gangguan bagi kedamaian pikiran, dimana kecemasan merupakan salah satu komponen kegelisahan, sementara kegelisahan dapat dipahami dalam makna yang lebih luas. Wanita yang mengalami kecemasan membuatnya tidak mampu menikmati kehidupan keluarga. Charles Spurgeon (dalam Vredevelt, 2003:51) kecemasan tidak akan menghilangkan kesusahan masa yang akan datang tetapi justru hanya akan menghabiskan kekuatan hari ini.

Menurut Wright, kecemasan seperti virus yang secara perlahan-lahan dan tanpa disadari mengambil alih dan mendominasi hidup seseorang. Kecemasan tidak mudah untuk diredakan, tetapi demi hidup yang sehat, hal itu harus diatasi. Alexis Carrel (dalam Minirth, 2005:16) berkata, “Orang-orang yang tidak belajar untuk mengatasi kecemasan akan mati muda.” Tidak diragukan lagi, kecemasan adalah sebuah faktor penyebab berbagai kondisi medis, seperti sakit jantung, tekanan darah tinggi, beberapa macam kanker, dan bahkan perubahan psikologis dan neurologis yang mengakibatkan depresi dan kegelisahan. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s